Welcome !

Welcome !

Minggu, 13 Februari 2011

C. Menyikapi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan

A. BERSIKAP POSITIF TERHADAP KEDAULATAN RAKYAT
Kedaulatan rakyat hanya akan berjalan manakala ada kesedian rakyat untuk terlibat dalam penyelenggaraan negara, yaitu kesediaan untuk mengawasi jalannya pemerintahan, pengawasan tersebut terutama menyangkut 2 hal:
1) Pengawasan agar pemerintah benar benar menjalankan pemerintahan sesuai dengan kehendak rakyat dalam kerangka negara hukum
2) Agar penyelenggaraan negara dijalankan tidak berdasarkan diktator mayoritas maupun tirani minoritas dan harus konsisten mewujudkan kebaikan bersama
Pengawasan tersebut bisa dilakukan melalui 2 cara yaitu melalui pemilihan umum dan keterbukaan pemerintah. Keterbukaan pemerintah bisa dilakukan siapa saja, contoh ; unjuk rasa, membentuk opini publik.
B. BERSIKAP POSITIF TERHADAP SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA.
Tujuan negara membentuk sistem pemerintahan agar negara dapat mewujudkan tujuan bernegara yaitu menciptakan kesejahteraan dan keadilan masyarakat. Kita tau bahwa sistem pemerintahan pasca reformasi mengandung banyak kelemahan, misalny partai-politik belum berfungsi dengan baik sebagai wahana penyalur aspirasi masyarakat. 
Sikap terbaik adalah bersikap positif. Artinya bersedia mengakui kelmahan kelemahan tersebut dan berusaha ikut-serta memperbaikinya. Biasanya karangan khas yang dimuat di berbagai media massa seringkali berisi masukan untuk melakukan perbaikan sistem pemerintahan. Generasi muda Indonesia harus memiliki rasa kepedulian terhadap pelaksanaan sistem pemerintahan kita.



(Evita Peninta Dwi Savitri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar